Pilkada Jawa Timur, Saifullah-Anas Berbagi Tugas

foto: tribunnews.com
 TEMPO.COBanyuwangi - Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas berbagi tugas untuk persiapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Timur. Saifullah Yusuf yang akrab dipanggil Gus Ipul lebih banyak melakukan komunikasi politik kepada para kiai, kalangan pesantren, dan partai. Sedangkan Anas mendekati kalangan muda dan akademisi.

Pada kampanye Pilkada Jawa Timur, pasangan itu akan menawarkan program-program sinergi berbagai bidang antar kawasan. Anas mencontohkan sinergi pemasaran wisata bersama yang menonjolkan potensi wisata daerah masing-masing. 

Wisatawan yang ingin berwisata ke Bondowoso menginapnya di Jember, membeli oleh-oleh khas Banyuwangi, demikian juga sebaliknya. “Kalau perlu ada acara pariwisata bersama antar daerah. Jadi kita ini tidak jalan sendiri-sendiri,” ujar Anas.
Demikian juga untuk program-program sinergi berbagai bidang antar kawasan lainnya. Anas mengatakan pendekatan program pembangunan tidak bisa dilakukan sama antara satu daerah, dan daerah lainnya. Karena masalah tiap daerah tentu berbeda.
Solusi dari permasalahan tiap daerah pendekatannya berbeda.

Anas menganalogikan, jangan sampai orang yang sakit pilek diberi obat sakit perut, dan sebaliknya. "Kami sedang mengatur dosisnya, agar solusi di tiap daerah sesuai dengan masalahnya," kata dia.

Anas mengatakan pengalamannya selama membangun Banyuwangi ditambah data-data dari Badan Pusat Statistik, perguruan tinggi, dan data dari berbagai pihak, menjadi bekal untuk merumuskan program dan rencana untuk Pilkada Jawa Timur. "Ini yang terus kami matangkan, dan diuji oleh para akademisi," kata Bupati Banyuwangi itu.

Pengujian ini dilakukan, karena nantinya program-program pasangan calon gubernur akan diuji di depan publik. Sebelum diuji di depan publik, Anas menginginkan diuji oleh para akademisi.


Sumber: https://pilkada.tempo.co/read/1030871/pilkada-jawa-timur-saifullah-anas-berbagi-tugas

0 Response to "Pilkada Jawa Timur, Saifullah-Anas Berbagi Tugas"

Posting Komentar